Prinsip Hidup Orang Sukses yang Perlu Anda Tiru

By Categories : Kisah Sukses

Prinsip hidup orang sukses tentu harus dimiliki oleh siapa saja dalam menjalankan karier, baik menjadi pekerja maupun pengusaha. Suatu kesuksesan memang dapat diartikan luas dan memiliki variasi tolak ukur. Anda tentu meyakini bahwa suatu kesuksesan adalah ketika Anda mencapai posisi tertinggi dalam kantor, atau dengan variasi lainnya seperti memiliki finansial yang cukup. Ada juga yang menganggap jika kesuksesan merupakan sebuah predikat dari para kolega atas prestasi yang Anda capai.

Dari beberapa definisi serta tolak ukur tersebut, ada satu hal yang bisa kita simpulkan bahkan kesuksesan merupakan pencapaian dari apa yang Anda inginkan dengan melalui proses yang terencana. Sebagai contoh, si A mendefinisikan kesuksesan itu ketika ia mampu menjadi manajer pemasaran dalam tempat kerjanya. Untuk mencapai al tersebut si A kemudian melanjutkan pendidikan S2 serta mengikuti banyak seminar pemasaran. Hal tersebut yang dimaksud dengan rencana atau persiapan, baik secara material atau sikap pribadinya.

Menurut Jennie S. Bev, yakni seorang entrepreneur, konsultan, penulis, serta edukator dari San Fransisco Bay Area mengungkapkan bahwa terdapat prinsip hidup orang sukses yang harus diterapkan dalam hidup. Prinsip tersebut merupakan sikap atau kepribadian untuk menjadi pengusaha sukses. Ada 8 sikap yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah sebagai berikut.

8 Prinsip Hidup Orang Sukses

prinsip hidup orang sukses

Keberanian untuk Berinisiatif

Kekuatan yang sebenaranya bukanlah dari orang-orang terkenal, melainkan dari mereka yang selalu memiliki ide-ide cemerlang. Anda tentu mengenal Donal Trump, seseorang yang sangat superior di bidang Real Estate ternyata berawal dari kebangkrutan sebelum ia berpredikat sebagai raja Real Estate. Ia merupakan contoh orang yang berani berinisisatif. Bahkan di negara asalnya, boneka Donald sudah menjadi icon yang sangat terkenal.

Tepat Waktu

Prinsip hidup orang sukses selanjutnya adalah selalu tepat waktu. Setiap orang tentu memiliki jumlah waktu yang sama, yakni 24 jam. Seseorang yang selalu menepati janji serta tepat waktu dalam segala hal menunjukan bahwa ia merupakan seorang yang mampu mengatur sesuatu walau dengan kondisi yang terbatas.

Senang Melayani dan Memberi

Banyak yang beranggapan jika kesuksesan diartikan jika Anda mampu memimpin, namun sebenarnya sikap kepemimpinan tersebut merupakan kebiasaan memberi dan melayani. Hal lain yang perlu Anda lakukan dalam memberi dan melayani adalah keikhlasan. Dengan sikap tersebut Anda dapat menunjukkan pada kolega atau rekan betapa suksesnya Anda sehingga mampu membuat orang lain bekerja sama dengan Anda.

Membuka Diri Terlebih Dahulu

Rasa percaya serta kebesaran hati untuk terbuka kepada orang lain ketika berbicara adalah cermin jika Anda nyaman dengan diri Anda sendiri. Biasanya orang tersebut lebih santai dan tidak ada yang ditutupi. Hal inilah yang dicari para partner kerja. Perlu Anda ketahui bahwa hanya sedikit orang yang mau bekerja sama dengan orang yang tertutup.

Senang Mempelajari Hal-hal Baru

Kita pasti tahu jika Aburizal Bakrie merupakan seorang yang sukses dalam bidang commerce. Namun saat ia mendirikan sebuah universitas, apa ia beralih menjadi seorang pendidik? Jawabannya tentu saja tidak. Ia tetap menjadi seorang entrepreneur, namun karena memang ingin mencari hal-hal baru, membuat peluang bisnis terbuka luas baginya. Kita dapat mengibaratkan jika dunia bisnis merupakan tempat bermain yang luas serta tidak terbatas.

Berani Menanggung Risiko

Prinsip hidup orang sukses selanjutnya adalah berani menanggung risiko. Ini merupakan prinsip yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi sukses. Hampir setiap hari setiap orang menanggung risiko, meskipun hal ini tidak disadari sepenuhnya. Anda harus menyadari jika risiko dapat berakibat kegagalan atau kesuksesan, sehingga Anda jangan terlalu khawatir. Kegagalan dapat Anda gunakan untuk belajar supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Selalu Berpikir Positif

Selanjutnya untuk mencapai kesuksesan adalah Anda harus selalu berpikir positif atau dalam hal bisnis Anda tidak menunjukkan kekhawatiran. Anda harus menggunakan pikiran positif dimanapun Anda berada. Semakin besar pikiran positif yang Anda gunakan maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk menyelesaikan hambatan yang Anda temui. Jika Anda memiliki pikiran negatif dalam segala hal, maka apa yang Anda lakukan tentu selalu merasa cemas dan khawatir.

Jarang Mengeluh dan Profesional

Menurut Lance Armstrong, hanya ada dua macam hari, yakni hari yang baik dan hari yang sangat baik. Hari baik dapat dirasakan oleh seseorang yang tidak pernah mengeluh, meskipun suatu hari kita juga akan merasakan kegagalan. Namun dengan kegagalan tersebut Anda tentu memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan belajar mengatasi kegagalan sendiri sehingga tidak terulang lagi di hari-hari berikutnya.

baca juga : kisah sukses pengusaha muda Indonesia

Itulah beberapa prinsip hidup orang sukses yang patut Anda tiru.

Loading...