Prospek Bisnis Ternak Sapi Tahun ini

By Categories : Peluang Usaha

Pada saat ini penulis tertarik untuk mengupas tuntas mengenai prospek bisnis ternak sapi tahun ini. Hal ini dikarenakan banyak pengguna internet yang mencari informasi ini. Perlu disadari prospek usaha ternak sapi sangat menguntungkan. Apalagi sekarang ini menjelang bulan suci Ramadhan akan banyak sekali peternak sapi yang untung besar. Disebabkan masyarakat Indonesia akan banyak membeli daging sapi untuk makanan berbuka puasa.

Sapi tergolong kepada beberapa bagian. Ada sapi potong, sapi pedaging dan sapi perah susu. Kebutuhan nasional akan daging sapi belum mampu terpenuhi oleh para peternak lokal. Hal ini mengakibatkan harga daging sapi di Indonesia sangat mahal ketimbang negara lain di dunia seperti Malaysia, Singapura, Amerika Serikat dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, untuk menurunkan harga daging sapi di tanah air maka diimporlah berbagai sapi dalam jumlah besar dari negara Australia dan India. Namun harga daging sapi masih tinggi saat ini.

Prospek Bisnis Ternak Sapi

Hal di atas tentu saja menimbulkan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan yaitu ternak sapi. Harga daging sapi yang mahal membuat keuntungan bisnis ternak sapi lumayan tinggi. Usaha peternakan sapi termasuk usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Dalam satu bulan saja harga sapi bisa naik berlipat. Seperti halnya yang terjadi di desa penulis, ada seorang peternak yang membeli sapi seharga Rp 10 juta. Satu bulan kemudian, ada orang yang membeli sapi tersebut dengan harga Rp 11 juta. Untung bersih Rp 1 juta perbulan dari usaha ternak sapi.

Keuntungan yang sangat menggiurkan membuat sebagian masyarakat di desa lebih memilih beternak sapi ketimbang usaha peternakan lainnya. Di desa penulis saja yaitu Tanjungmedar dan Tanjungkerta para penduduknya hampir semua memiliki usaha peternakan sapi di samping rumah sebagai usaha sampingan. Mertua penulis sendiri berprofesi sebagai pembudidaya ternak sapi yang cukup handal dan professional.

Ketika menjelang hari raya idul adha permintaan akan sapi sebagai hewan kurban sangat tinggi. Hal ini mengakibatkan harga sapi meningkat tajam. Oleh sebab itu, usaha beternak sapi sangat bagus jika dilakukan saat ini. Sebab nanti ketika menjelang idul kurban dan Ramadhan, harga sapi naik tajam. Saat itulah waktu yang tepat seekor sapi dijual dengan harga tinggi.

Modal Usaha Ternak Sapi

Rincian modal usaha ternak sapi meliputi pembuatan kandang, biaya pemeliharaan sapi, biaya pakan makanan, biaya pembelian bibit sapi unggul dan lain sebagainya. Pilihlah bibit sapi yang tidak sakit, tak cacat, tampak sehat, dan lain sebagainya. Usaha ternak sapi sangat pas dijalankan di pedesaan sebab sumber daya alami yang mendukung. Seperti pakan rerumputan sangat banyak, lahan yang luas sekali, dan biaya tenaga kerja yang murah.

Biaya mendirikan usaha ternak sapi tergantung skala usaha yang dijalankan. Jika usaha peternakan sapi skala besar pastinya membutuhkan modal yang besar pula. Namun di desa banyak yang menjalankan usaha ternak sapi skala kecil. Modal kecil tapi untung besar. Yang perlu diperhatikan dalam bisnis ternak sapi adalah tidak fokus saja menjadi peternak. Ada banyak sumber pendapatan dari bisnis sapi di tahun 2017. Misalnya membuka usaha jual beli sapi, usaha budidaya sapi unggul, usaha penitipan sapi, usaha perawatan dan penggemukan sapi dll.

Pendek kata, bisnis ternak sapi di tahun 2017 sangat menguntungkan. Hal itu didasarkan atas kebutuhan masyakarat Indonesia akan daging sapi masih tinggi dan belum bisa dipenuhi hingga sekarang ini. Alasan kedua, bisnis ini bukan bisnis sampingan. Akan selalu menguntungkan apalagi dijalankan secara skala besar. Kemudian harga sapi melambung tinggi pada waktu menjelang lebaran dan hari besar agama Islam lainnya. Usaha ternak sapi sangat cocok dijalankan oleh pelaku usaha kecil dan pemula.

Baca :

Tips Bisnis Ternak Sapi untuk Pemula

Demikianlah prospek bisnis ternak sapi 2017 yang ternyata masih sangat menguntungkan saat ini. Tak ada salahnya, jika anda sedang mencari peluang usaha terbaru maka sobat bisa menjalankan bisnis peternakan sapi di rumah secara sampingan dan utama. Dipastikan keuntungan lumayan besar didapatkan. Usaha ini bisa dikombinasikan dengan usaha beternak domba, kambing, ayam dan lain sebagainya.

Loading...