Raihlah Sukses Dengan Bisnis Kue Basah

By Categories : Bisnis Kuliner

Bisnis kue basah selama ini sangat menjanjikan bagi Anda yang menggelutinya, pasalnya kue jenis ini merupakan camilan yang enak dan mengenyangkan. Selain dua faktor tadi, kue basah juga memiliki banyak peminat dari segala macam usia dan berbagai macam kalangan.

Kue basah sering juga disebut jajanan pasar, kue-kue tradisional khas Indonesia yang tidak ada duanya dimanapun sehingga penikmatnya tidak dapat berpindah hati. Dalam kasusnya, kue basah selain menjadi camilan juga biasanya dihidangkan dalam acara-acara penting, seperti dalam lamaran, pernikahan, syukuran dan acara lainnya. Pangsa pasar yang seperti ini akan banyak menguntungkan para pebisnis kue basah, dan bagi Anda yang baru akan menggelutinya.

Kiat Menjajal Bisnis Kue Basah yang Menjanjikan

bisnis-kue-basah

Dalam dunia bisnis, sebelum Anda mulai menenggelamkan diri Anda didalamnya sebaiknya Anda juga harus menggeluti jenis bisnis yang akan Anda geluti. Jika Anda akan menjalankan bisnis kue basah, sudah kewajiban Anda untuk memahami seluk beluk kue basah itu sendiri. Banyaknya macam kue basah juga harus Anda pahami dan disamping itu, Anda selain memahami macamnya juga sekaligus memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap macam kue basah. Hal seperti ini mutlak harus diketahui bagi pemula agar tidak kacau niat berbisnis Anda.

Kiat selanjutnya dalam bisnis kue basah yaitu mempelajari dan mempraktekkan berbagai macam resep kue basah yang akan Anda jalankan. Dalam percobaan pembuatan kue basah, Anda juga harus mulai memikirkan jenis kue basah seperti apa yang akan fokus Anda geluti, karena kue basah sendiri memiliki banyak varian yang tidak mungkin akan anda geluti semuanya. Teruslah belajar dan praktek agar kue basah yang Anda buat akan menarik banyak konsumen.

Sebelum berbisnis, hal terpenting untuk menjalankannya adalah modal. Bisnis kue basah juga memerlukan modal yang cukup agar semua praktek yang sudah Anda jalankan tidak sia-sia karena tidak ada modalnya. Modal yang akan Anda gelontorkan harus diperhitungkan dengan seksama, agar hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan bisnis anda tidak terjadi. Modalnya bisnis ini milik pribadi ataupun dari pinjaman jika memang dana pribadi tidak mencukupi. Perhitungkan dengan seksama modal yang akan Anda pinjam agar suatu saat Anda tidak keberatan ketika mengembalikannya.

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah tahap promosi. Dalam dunia bisnis tahap ini memegang peran penting karena melalui tahap ini Anda mengenalkan produk Anda kepada para konsumen. Dalam bisnis kue basah, tahap promosi sebaiknya dimulai dari orang-orang terdekat Anda terlebih dahulu, seperti keluarga, saudara, tetangga, sahabat dan lainnya sebelum mulai memasarkan kepada konsumen dalam skala besar. Promosi melalui orang terdekat agar mendapat masukan, saran atau hal positif lainnya supaya ketika kue basah Anda masuk pasar luas sudah memenuhi standar bahkan melebihi standar yang akan menarik banyak konsumen.

Kiat terakhir yang harus Anda lakukan yaitu tahap pemasaran. Tahapan ini yang memegang andil besar dalam dunia bisnis. Sebelum pemasaran, Anda harus menentukan pangsa pasar yang akan Anda bidik untuk produk Anda. Sebagai salah satu jenis bisnis makanan, kue basah akan mudah untuk dipasarkan karena makanan selalu yang dicari oleh setiap orang. Anda juga harus bisa melihat market mana yang sekiranya bisa dijadikan sasaran untuk memasarkan kue basah Anda, agar kue basah yang dipasarkan tidak ‘salah alamat’. Mulailah berfikir untuk melihat peluang bisnis seperti bisnis kue basah.

Contoh bisnis kue basah

Kue Lapis

Kue ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Salah satu varian dari kue basah ini sangat menjanjikan untuk dijadikan bisnis. Kue lapis memiliki rasa yang legit, manis, dan nikmat. Biasanya kue basah ini memiliki warna yang cukup menarik, yakni warna rainbow. Hampir semua kalangan menyukai kue lapis, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.  Jika berniat menjalankan bisnis kue basah maka kue lapis bisa menjadi pilihan Anda.

Kue Putu

Ini merupakan salah satu kue tradisional yang digemari masyarakat Indonesia. Kue putu memiliki rasa yang khas bertekstur lembut dengan isian gula merah manis. Kue putu biasanya dihindangkan pada saat santai dengan secangkir kopi. Sama halnya dengan kue lapis, kue putu juga direkomendasikan untuk dijadikan kue basah.

Kue Srikaya Ketan

Kue ini juga disebut juga dengan nama kue srikaya pulut. Ini merupakan salah satu jenis kue basah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Ciri khas  dari kue ini adalah terdapat nasi ketan yang berada di bawah kue. Rasanya yang manis dan legit membuatnya disukai banyak orang.

Kue Pukis

Salah satu jenis kue basah ini sangat dijumpai di seluruh wilayah Indonesia. Kue pukis memiliki citarsa yang manis dengan tekstur yang lembut. Kue ini sangat nikmat dikonsumsi saat keadaan hangat. Anda dapat membuka bisnis kue basah ini karena cukup menjanjikan.

Loading...