Rincian Modal Usaha Les Privat Bimbel Sendiri Rumahan

By Categories : Peluang Usaha
Rincian Modal Usaha Les Privat Bimbel Sendiri Rumahan– Banyak orang yang tertarik untuk membuka usaha les bimbingan belajar. Karena pangsa pasar yang sangat besar dari tingkat sekolah TK, SD, SMP hingga SMA. Seiring dengan adanya ujian nasional atau UN membuat setiap siswa takut nilainya jeblok. Langkah termudah adalah mengikuti les privat bimbingan belajar dalam bidang mata pelajaran yang sulit. Seperti matematika, ipa, kimia, fisika dll.
Rincian Modal Usaha Les Privat Bimbel Sendiri Rumahan
Sebenarnya bisnis kursus atau bimbingan belajar bisa dikembangkan lebih lanjut terutama oleh para guru honorer maupun pns. Mereka bisa membuka usaha sampingan bimbel yang potensi untung besar. Hal ini dibuktikan dari beberapa orang guru honorer dan pns yang kaya raya dari usaha bimbingan belajar. Penghasilan dari bisnis kursus bisa melebihi gaji sebagai guru. Peluang usaha ini masih terbuka luas apalagi status seorang guru bisa mendukung keberhasilan bisnis jasa bimbel.Rincian Modal Usaha Les Privat Bimbel Sendiri Rumahan

Peluang usaha membuka bisnis kursus bimbel masih terbuka luas di pedesaan terpencil. Seperti di desa penulis yang sama sekali belum ada lembaga kursus bimbingan belajar secara mandiri atau waralaba. Dahulu sih pernah ada seorang pengusaha yang membuka jasa kursus bimbingan belajar bahasa inggris dengan biaya perbulan sekitar Rp 5000. Namun usaha kursus bahasa inggris bagi anak sekolah SD atau sekolah dasar hanya bertahan sekitar satu bulan.

Sebenarnya banyak jenis ilmu yang bisa dijual dan dikursuskan selain bimbel mata pelajaran sekolah yang sulit seperti kursus stir mobil, bimbingan belajar komputer, kursus main catur, les berenang, dll. Potensi itu harus dimanfaatkan dengan baik. Konsumen yang merasakan manfaat dari jasa bimbel bisa meraih nilai baik di sekolah atas mata pelajaran tersebut. Disamping meningkatkan karir, membuka peluang kerja dan peluang usaha modal kecil. Usaha bimbel akan senantiasa laris manis diikuti banyak anak sekolah dari berbagai tingkatan yang tiap tahun terus bertambah.

Setiap orangtua tercinta mendambakan anaknya tumbuh pintar dan cerdas dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Orangtua rela mengeluarkan biaya mahal agar sang buah hati tumbuh cerdas dan pintar. Bahkan kalau bisa sukses dalam akademik di sekolah dengan ranking satu terus menerus. Tentu hal itu tak mudah. Seorang murid sekolah perlu diberi les privat bimbingan belajar tambahan untuk jadi siswa yang cerdas dan pandai.

Seorang anak sekolah yang mengikuti kursus bimbel dan yang tidak sangat berbeda. Anak murid yang mengikuti bimbingan belajar pastinya ia lebih pintar dan cerdas serta mampu memecahkan soal yang dihadapinya. Berbeda dengan orang yang tak mengikuti bimbel. Kecerdasan kurang dan sedikit terhambat. Peluang usaha bimbingan belajar sangat menjanjikan dijalankan di desa dan kota. Walaupun ada banyak usaha bimbel waralaba atau mandiri.

Untuk lebih lengkap, berikut ini rincian modal usaha bimbel les privat dari awal hingga siap buka atau persiapan membuka bimbingan belajar sendiri, antara lain:

Pengetahuan

Maksudnya pengetahuan dalam bidang mata pelajaran yang dikursuskan. Seperti ilmu matematika, bahasa asing dll.

Kemampuan mengajar anak didik

Sebab tidak setiap orang bisa mengajar. Mengajar adalah sebuah keterampilan yang perlu dilatih. Bukan hanya mengajar tapi seorang guru mesti mampu mendidik siswa dari segi moral dan agama.

Perlengkapan alat tulis

Modal usaha berikutnya yang diperlukan dalam membuka usaha bimbingan belajar adalah alat tulis meliputi whiteboard, penghapus, spidol, tinta dll.

Modul

Membuat modul dari setiap mata pelajaran yang dikursuskan. Sehingga memudahkan murid dan guru dalam memahami proses belajar dan mengajar.

Cari Konsumen

Aktif mencari konsumen (anak sekolah) untuk mencari pelanggan bisa dengan cara membagikan brosur penawaran bimbel. Atau sobat bisa bekerjasama dengan pihak sekolah.

Harga jasa bimbingan belajar harus umum dan terjangkau bagi anak sekolah. Misalnya Rp 50 ribu perbulan. Jangan terlalu murah karena tampak murahan. Harga yang wajar dan jangan terlalu mahal. Apalagi bagi kantong pelajar dan masyarakat desa yang mempunyai uang terbatas.

Baca :

Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk Pelajar hingga Mahasiswa

Demikianlah rincian modal usaha les privat bimbel sendiri rumahan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda semuanya. Silahkan membuka usaha bimbingan belajar yang sangat menguntungkan ini. Yang penting adalah berani memulai bisnis ini.

 

 

Loading...