Strategi Bisnis Medina Zein, Hijabers Muda dengan Omzet Miliaran Rupiah

By Categories : Kisah Sukses

Strategi bisnis adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang akan berbisnis. Begitu pula dengan hijaber muda Medina Susani Daivina Zein, atau Media Zein. Wanita berhijab ini sukses mendulang rupiah di usianya yang masih muda. Saat ini Medina sukses menjalankan klinik kecantikan yang dilabeli dengan nama ‘Lazeta’ serta merambah ke bidang travel dan fashion.

Dari penjual produk perawatan kulit di kliniknya, Medina bisa meraup omzet hingga miliaran rupiah dalam setiap bulannya. Namun untuk mendapatkan keberhasilan tersebut tentu saja tidak mudah. Medina juga sempat jatuh bangun ketika mendirikan usahanya tersebut selama kurang lebih empat tahun. Bahkan produk kecantikan yang dibuatnya ditiru oleh banyak pihak yang tak bertanggung jawab. Tak hanya itu saja, inovas-inobasi yang ia keluarkan juga ditiru oleh pihak lainnya yang ikut serta mengatasnamakan labelnya.

Tak mudah memang menjalankan suatu usaha, wanita lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budhi Luhur Jurusan Kebidanan, Bandung ini juga pernah ditipu oleh customer serta karyawannya sendiri. Menurut Medina, ditipu adalah menjadi hal yang paling sering dialaminya ketika ia membangun bisnis kecantikan.

Namun beberapa masalah yang ada tidak membuat Medina terpuruk, bahkan ia berusaha memperkuat sistem dan manajemen di perusahannya. Semua uang yang masuk dan keluar dipantau ketat dengan adanya manajer dan orang-orang terpercaya dalam perusahannya. Lantas apa saja strategi bisnis yang ia lakukan dalam membangun bisnis kecantikannya? Berikut ulasannya.

strategi bisnis Medina Zein

Strategi Bisnis Medina Zein dalam Membangun Bisnis Kecantikan

Fokus Adalah Kunci Utama

Yang pertama adalah fokus. Wanita berusia 24 tahun ini menuturkan bahwa fokus adalah kunci utama untuk mewujudkan impian yang kita inginkan. Meskipun ada banyak sekali masalah yang dihadapi ketika merintis usaha pastikan Anda tetap komitmen untuk tetap menjalaninya. Sudah manusiawi jika kita merasa capek dan patah semangat. Namun jika Anda tetap membiarkan rasa tersebut singgah maka Anda tak akan pernah mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Baca juga peluang biisnis franchise modal kecil dan menjajikan

Perhatikan Kualitas

Dalam membangun usaha, kualitas bagus juga sangat mempengaruhi nilai penjualan. Tak terkecuali untuk bisnis kecantikan. Dalam membangun bisnis kecantikan, hal utama yang harus dilakukan adalah selalu mengedepankan kualitas. Jangan sampai karena bahan baku baik kita turunin kualitasnya.

Hal ini tentu saja dapat meruntuhkan kepercayaan konsumen yang sudah di tangan. Oleh karena itu kualitas harus benar-benar diperhatikan. Selain kualitas produk yang bagus, klinik kecantikan juga harus bersih dan nyaman. Klinik kecantikan yang seperti itu tentu saja dapat membuat orang betah berlama-lama di sana ketika melakukan perawatan.

Terus Berinovasi

Inovasi juga tak kalah penting untuk diperhatikan. sebab inovasi merupakan salah satu strategi bisnis yang diterapkan oleh Medina Zein. Menurut Meina, usaha tanpa ivonasi akan cepat jatuh karena tidak bisa mengikuti perkembangan tren, zaman dan teknologi.  Selain itu, kreatif juga sangat penting. Karena jangan sampai Anda menjiplak atau memplagiat bisnis orang lain.

Inovasi tak hanya bisa diterapkan pada kemasan produk, jika Anda mencoba bisnis kecantikan, inovasi juga bisa diterapkan seperti mengembangkan treatment, menambah alat, diskon, dan masih banyak lagi. Dengan adanya inovasi bisnis akan lebih mudah berkembang dan tidak jalan di tempat.

Terus Belajar dan Belajar

Siapa bilang belajar dan mengupgrade ilmu tidak penting? Meskipun bisnis sudah berkembang dan memiliki banyak pelanggan, terus belajar dan mengupgrade ilmu juga sangat penting. Ilmu yang Anda pelajari bisa Anda terapkan untuk menciptakan inovasi baru yang berbeda. dan pastinya hal ini dapat mempengaruhi bisnis Anda.

Tak hanya diri sendiri saja, tim yang Anda miliki juga harus meningkatkan ilmunya dalam kecantikan. bahkan Medina juga tak ragu untuk menyekolahkan dokter yang bekerja di kliniknya agar bisnis yang ia jalani bisa terus berinovasi. Bagaimana tertarik untuk mengikuti jejak Medina?

Evaluasi dan Diskusi dengan Tim

Karyawan dan tim lainnya adalah keluarga yang sepantasnya harus dihargai. Oleh karena itu jangan merasa bos dan merasa gengsi untuk meminta saran pada tim ataupun karyawan. Siapa tahu mereka memiliki saran yang baik untuk memajukan bisnis. Dengan mendengarkan saran hingga keluh kesah mereka tak menutup kemungkinan hal ini bisa membuat bisnis yang Anda jalani mudah berkembang.

Kuatkan Brand Image

Yang terakhir adalah dengan menguatkan brand image. Perlu diketahui sangat sulit sekali membangun bransing, oleh karena itu pastikan Anda melakukan strategi di atas agar brand image yang Anda miliki bisa dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas.

Selain itu, Medina juga tak ragu mengeluarkan budget ratusan juta ripiah untuk menguatkan brand image. Dalam promosi, Medina sering memanfaatkan selebgram atau artis untuk meng endorse produk mereka.

Baca juga kiat menjadi orang sukses di usia muda

Demikianlah ulasan mengenai strategi bisnis Medina Zein demi omzet miliaran rupiah.

Loading...