Strategi Sukses Usaha Cuci Motor Untuk Pemula

By Categories : Tips Bisnis

Membuka usaha cuci motor memang sangat menguntungkan dan merupakan salah satu bisnis dan usaha yang menjanjikan jika Anda tekuni secara serius. Peluang dalam usaha ini cukup potensial, apalagi jika Anda tinggal di daerah yang padat penduduk. Mereka yang memiliki kesibukan setiap hari tentu lebih memilih menggunakan jasa cuci motor karena lebih praktis dibanding mencuci sendiri. Selain itu, biaya pencucian motor yang terjangkau juga menjadi alasan orang memilih jasa cuci kendaraan.

Usaha cuci motor sangat menguntungkan karena modal kita hanya air, sabun, lap, semir ban dan beberapa alat sederhana lainnya. Karena cuci motor bergerak di bidang jasa maka pelayanan harus diutamakan. Kecepatan dan kebersihan motor hanya sebagian kecil dari layanan yang kita berikan. Dibawah ini akan dijabarkan beberapa tips menjalankan usaha cuci motor agar mempunyai banyak pelanggan.

Usaha Cuci Motor

Ada  beberapa strategi yang harus Anda ketahui untuk menjalankan usaha ini. Hal ini penting karena semakin banyak orang yang membuka usaha cuci motor, persainganpun akan semakin ketat. Berikut tips sukses usaha cuci motor agar mendapat pelanggan yang banyak.

Tips Sukses Bisnis Cuci Motor

  1. Pemilihan lokasi yang tepat

Strategi penting yang harus Anda perhatikan pertama adalah penentuan lokasi usaha. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, usaha Anda pasti akan lebih menguntungkan. Selain itu, dengan lokasi yang baik maka mampu mengurangi biaya marketing Anda. Pilih lokasi-lokasi yang tepat berada di kawasan kost mahasiswa atau karyawan, pinggir jalan besar yang dekat dengan pemukiman padat penduduk. Biasanya mereka yang sibuk enggan mencuci motor sendiri dan memilih jasa pencucian motor. Anda dapat memasang spanduk di tempat usaha cuci motor Anda dan menyebar brosur dengan tawaran menarik.

  1. Melakukan promosi yang menarik dan komunikatif

Promosi adalah hal yang wajib dilakukan terutama saat awal-awal anda membuka usaha dan kemudian dilakukan secara rutin setiap rentang waktu tertentu. Buatlah media promosi yang menarik baik itu spanduk, selebaran, kalender dll. Dengan begitu, orang pasti akan mencoba jasa yang ditawarkan, dalam hal ini adalah cuci motor. Ada banyak cara promosi untuk menarik pelanggan, di antaranya adalah dengan memberikan voucher, undian, hingga gratis cuci dengan syarat ang telah ditentukan.

  1. Menyediakan suasana ruang tunggu yang nyaman

Agar memiliki banyak pelanggan strategi usaha cuci motor juga harus memperhatikan ruang tunggu yang nyaman. Biasanya dengan ruang tunggu yang nyaman, para pelanggan akan betah walaupun harus lama mengantri. Ini merupakan strategi bisnis untuk menarik pasar yang bisa Anda coba. Caranya adalah sediakan ruangan dengan tempat duduk seperti sofa,  menyediakan makanan dan minuman ringan jika memungkinkan sediakan tv dan koran harian. Saat ini juga banyak tempat cuci motor/mobil dengan layanan mini cafe jadi sembari menunggu motor dicuci para pelanggan bisa menikmati makanan dan minuman lezat, tentunya ini meningkatkan pengalaman cuci motor mereka dan sekaligus menghasilkan tambahan pemasukan bagi pengusaha.

  1. Kualitas cucian yang terjamin

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menarik pelanggan adalah kualitas cucian. Dalam usaha cuci motor, Anda harus memberikan pelayanan yang memuasakan. Pastikan hasil cuci di tempat usaha Anda sangat bersih dan baik sehingga membuat pelanggan akan kembali lagi ke tempat usaha Anda. Selain bersih, para pelanggan juga biasanya ingin motornya di cuci dengan cepat sehingga waktu tunggunya singkat. Untuk mempercepat proses pencucian anda bisa menggunakan alat-alat yang berkualitas seperti mesin semprot, sabun yang baik, spons/kain/kanebo yang cukup besar dan berkualitas. Dengan alat yang baik diharapkan kualitas juga semakin baik dan waktu tunggu semakin singkat. Jumlah karyawan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai demi menghemat pengeluaran anda memutuskan untuk memperkerjakan terlalu sedikit karyawan yang berakibat waktu tunggu yang lama.

  1. Pelayanan yang baik

Memberikan pelayanana yang baik wajib Anda lakukan untuk menjalankan usaha. Jika ini merupakan usaha sampingan Anda maka berilah arahan kepada karyawan Anda agar memahami teknik pelayanan yang baik. Buatlah SOP yang jelas dan mudah dipahami serta dikerjakan. Kemudian lakukan pelayanan yang cepat dan menyediakan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan hal yang paling kecil dalam usaha Anda.

Loading...