Strategi Sukses Usaha Cuci Motor Untuk Pemula

By Categories : Tips Bisnis

Membuka usaha cuci motor memang sangat menguntungkan dan merupakan salah satu bisnis dan usaha yang menjanjikan jika Anda tekuni secara serius. Peluang dalam usaha ini cukup potensial, apalagi jika Anda tinggal di daerah yang padat penduduk. Mereka yang memiliki kesibukan setiap hari tentu lebih memilih menggunakan jasa cuci motor karena lebih praktis dibanding mencuci sendiri. Selain itu, biaya pencucian motor yang terjangkau juga menjadi alasan orang memilih jasa cuci kendaraan.

Usaha Cuci Motor

Ada  beberapa strategi yang harus Anda ketahui untuk menjalankan usaha ini. Hal ini penting karena semakin banyak orang yang membuka usaha cuci motor, persainganpun akan semakin ketat. Berikut tips sukses usaha cuci motor agar mendapat pelanggan yang banyak.

Tips Sukses Bisnis Cuci Motor

  1. Pemilihan lokasi yang tepat

Strategi peting yang harus Anda perhatikan pertama adalah penentuan lokasi usaha. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, usaha Anda pasti akan lebih menguntungkan. Selain itu, dengan lokasi yang baik maka mampu mengurangi biaya marketing Anda. Lokasi-lokasi yang tepat berada di kawasan kost mahasiswa atau karyawan. Biasanya mereka enggan mencuci motor sendiri dan memilih jasa pencucian motor. Anda dapat memasang spanduk di tempat usaha cuci motor Anda dan menyebar brosur dengan tulisan-tulisan menarik.

  1. Melakukan promosi yang menarik dan komunikatif

Banyak orang yang lebih suka promosi dengan cara komunikasi yang menarik tentang penyedia jasa atau barang. Dengan begitu, orang pasti akan mencoba jasa yang ditawarkan, dalam hal ini adalah cuci motor. Ada banyak cara promosi untuk menarik pelanggan, di antaranya adalah dengan memberikan voucher, undian, hingga gratis cuci dengan syarat ang telah ditentukan.

  1. Menyediakan suasana ruang tunggu yang nyaman

Agar memiliki banyak pelanggan strategi usaha cuci motor juga harus memperhatikan ruang tunggu yang nyaman. Biasanya dengan ruang tunggu yang nyaman, para pelanggan akan betah walaupun harus lama mengantri. Ini merupakan strategi bisnis untuk menarik pasar yang bisa Anda coba. Caranya adalah sediakan ruangan dengan tempat duduk seperti sofa dan menyediakan makanan dan minuman ringan.

  1. Kualitas cucian yang terjamin

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menarik pelanggan adalah kualitas cucian. Dalam usaha cuci motor, Anda harus memberikan pelayanan yang memuasakan. Pastikan hasil cuci di tempat usaha Anda sangat bersih dan baik sehingga membuat pelanggan akan kembali lagi ke tempat usaha Anda.

  1. Pelayanan yang baik

Memberikan pelayanana yang baik wajib Anda lakukan untuk menjalankan usaha. Jika ini merupakan usaha sampingan Anda maka berilah arahan kepada karyawan Anda agar memahami teknik pelayanan yang baik. Kemudian lakukan pelayanan yang cepat dan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan hal yang paling kecil dalam usaha Anda.

Loading...