Sukses Berkarya Dalam Waralaba Makanan

By Categories : Bisnis Kuliner

Waralaba adalah salah satu bentuk bisnis kerjasama dimana pihak pertama sebagai frenchisor menyediakan atau menawarkan produk atas kreasinya untuk bebas dan dipakai oleh pihak kedua, dengan ketentuan yang telah disepakati ini. karena konsep dasarnya yang seperti itu maka menimbulkan banyak minat dari para pebisnis untuk bergabung atau membuat usaha waralaba.

Salah satu bentuk usaha waralaba yang paling menjanjikan adalah di bidang makanan. Karena makanan ini merupakan kebutuhan pokok yang pemenuhannya tak dapat di pungkiri nilai prioritasnya. Dan pada kenyataannya bara para pelaku pengusaha kita telah meraih kesuksesannya dalam menjalankan waralaba makanan.

Bisnis Waralaba Makanan Ringan

waralaba-makanan

Di samping itu Indonesia merupakan negara yang kaya akan cita rasa dan jenis kuliner yang terdapat pada setiap pulaunya. Dengan memperhatikan kultur budayanya yang seperti ini menyebabkan bisnis waralaba makanan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan para investor-investor asing telah banyak menanamkan modalnya ke dalam bisnis ini.

Melihat kondisinya yang seperti itu, dan tentunya dengan meningkatnya persaingan bisnis waralaba apakah anda mampu untuk bersaing dengan para investor-investor asing yang memiliki modal besar tersebut ?.

Anda tidak perlu khawatir, sesungguhnya untuk memulai atau bergabung dengan seorang frenchisor anda tidak perlu membutuhkan modal yang besar dan tidak harus mencapai ratusan juta rupiah. Ada banyak dari pelaku usaha waralaba yang menyediakan atau mensyaratkan dengan modal yang tidak begitu besar, salah satunya adalah waralaba makanan ringan.

Tips Memilih Franchisor

Kenapa bisa waralaba tersebut menawarkan uang muka yang cukup ringan ?, mungkin jawabannya karena modal dalam pembuatan bahan baku dan peralatan dalam memasak tidak membutuhkan biaya yang mahal. Namun bagaimana cara menentukan, melihat seorang friendchisor itu memiliki usaha waralaba yang berkualitas ?. Berikut beberapa tips memilih frindchisor yang terbaik dengan modal yang ringan :

1.  Lihatlah rekam jejak usaha tersebut, berapa lama ia sudah berkarir

2.  Seberapa unikkah produk makanan yang di hasilkan dan lihat rasanya

3. Analisalah testimoni masyarakat tentang usaha milik friedchisor tersebut seberapa, dan lihat bagaimana hasilnya.

4. Lihatlah bagaimana pelaksanaan atau cara menjalankan bisnis, apakah harus memerlukan tempat yang permanen atau tidak, jika anda ingin mencoba sebuah waralaba dengan modal ringan sebaiknya carilah yang cara pemasarannya hanya membutuhkan sebuah outlet kecil atau gerobak keliling.

Setiap friendchisor yang memenuhi beberapa ciri diatas memiliki kualitas yang tinggi. Dan perlu diperhatikan pada tips keempat, bahwasanya faktor tempat merupakan salah satu waralaba dengan modal yang sangat kecil. Kalau yang berbentuk outlate biasanya merupakan bentuk waralaba makanan dibawah 10 jt. Namun jangan khawatir, meskipun biayanya sangat murah dan kurang begitu meyakinkan, akan tetapi pada kenyataannya banyak para frindchisor yang menawarkan produk usahanya dengan modal awal kecil, berarti waralaba dengan modal kecil ini bukanlah sebuah penipuan akan tetapi memang benar-benar bisnis yang menjanjikan.

Waralaba makanan memang peminatnya sangat banyak dan bahkan akan terus berjalan tanpa ada batasan. Perlu di pahami pula sebagai seorang penerima waralaba tidak hanya sekedar menyetor modal saja akan tetapi dibutuhkan kepandaian pula dalam menjalankan Management atau strategi bisnis yang akan dipilih. Sehingga keberhasilan seorang pebisnis waralaba tidak hanya tergantung dari frendchisornya saja, akan tetapi kreativitas dari penerima Waralaba masih sangat diperlukan. Maka dari itu mulai dari sekarang belajarlah menjadi seorang pengelola usaha yang profesional.

Loading...