Tips Bisnis Telur Ayam untuk Pemula

By Categories : Bisnis Rumahan

Bisnis telur ayam merupakan salah satu usaha rumahan yang cukup menguntungkan. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih telur sebagai bahan makanan favorit yang memiliki kandungan protein tinggi. Telur juga bahan makanan yang padat gizi, antara lain 90% kalsium, mineral, zat besi yang terdapat di dalam kuning telur dan asam amino yang terdapat pada putih telur. Telur ayam juga mengandung vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B16. Dan khusus pada kuning telur, mengandung vitamin A, vitamin D, dan vitamin E yang baik untuk perawatan kulit.

Dengan banyaknya kandungan yang ada pada telur ayam membuat bahan makanan yang satu ini diminati oleh banyak orang. Sehingga peluang bisnis telur ayam menjadi lebih terbuka lebar dan memiliki prospek yang baik. Usaha telur ayam dapat dijalankan di rumah dengan modal yang tidak terlalu besar. Sebenarnya usaha telur ayam terdiri dari dua macam, yakni sebagai pedagang telur ayam kampung dan pedagang telur ayam ras. Meskipun sama-sama menjual telur tetapi penanganan dan manajemennya dapat dikatakan berbeda. Selain itu sebelum menjalankan bisnis ini Anda juga perlu mengetahui jika telur ayam tidak dapat bertahan alam. Umumnya perputaran telur ayam dari peternak hingga ke konsumen hanya sekitar satu minggu saja. Telur ayam juga termasuk barang yang sangat mudah pecah.

Cara Bisnis Telur Ayam

bisnis telur ayam

Menjalankan bisnis ini tidak harus dilakukan diluar ruangan, karena Anda juga dapat menjalankannya di dalam rumah. Bagi pemula yang ingin memulai usaha ini maka harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Tentukan Jenis Telur Ayam yang Ingin Dijual

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa telur ayam terdiri dari dua macam, yakni telur ayam kampung dan telur ayam ras atau ayam negeri. Selain pemasaran dan penanganannya, peminatnya juga berbeda-beda. Diantara kedua jenis telur ayam tersebut, telur ayam ras adalah jenis yang paling diminati masyarakat Indonesia. Sedangkan untuk telur ayam kampung memiliki peminat sendiri dan tidak terlalu besar. Jika untuk pemula Anda disarankan untuk memilih telur ayam ras karena memiliki pasar yang lebih luas. Selain itu, telur ayam ras juga mudah untuk dipasarkan.

Cari Pemasok Besar Telur Ayam

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam bisnis telur ayam berikutnya adalah mencari pemasok besar telur ayam. Produksi telur ayam di Indonesia sangat berlimpah, hampir di setiap wilayah memiliki pemasok telur ayam dengan jumlah yang besar. Untuk itu Anda disarankan untuk mencari pemasok yang besar karena selain stoknya banyak, harga yang ditawarkan juga lebih murah. Meskipun sudah memberikan harga yang lebih murah, Anda disarankan untuk tetap menawar jika membeli dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih ketika menjualnya kembali.

Menyiasati Pasokan Telur

Agar pasokan telur ayam selalu ada maka Anda harus memiliki pemasok telur alternatif. Jadi Anda tidak bergantung pada satu pemasok saja. Anda dapat mencarinya di luar kota atau daerah lain jika di wilayah Anda tidak ada. Hal ini untuk mengantisipasi jika salah satu pemasok telur bermasalah sehingga Anda masih tetap memiliki pemasok yang lain.

Cara Memasarkan Telur Ayam

Telur ayam merupakan sembako yang banyak diminati orang sehingga menjadi bisnis yang menjanjikan. Namun dalam menjalankan bisnis telur ayam perlu berhati-hati karena telur ayam sangat mudah pecah dan tidak dapat bertahan lama. Karena hal tersebut maka Anda harus mengatur perputaran telur ayam dari pemasok ke pedagang agar cepat. Ini bertujuan supaya telur yang dipasarkan masih segar.

Dalam memasarkan telur ayam dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyewa lapak di pasar untuk jualan telur ayam. Kemudian Anda juga dapat menitipkan telur ayam ke warung-warung di sekitar tempat tinggal Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjualnya menggunakan sepeda motor yang diberi box di bagian belakangnya. Atau jika Anda memiliki modal lebih maka Anda dapat membuka warung atau toko sendiri untuk menjalankan bisnis Anda.

Tentukan Harga yang Kompetitif

Bisnis ini memang sangat menjanjikan sehingga diminati banyak orang. Untuk itu Anda harus sadar bahwa agen telur ayam bukan hanya Anda. Semakin banyak agen yang menjual telur ayam maka persaingan juga semakin ketat. Agar tidak kalah bersaing maka Anda disarankan untuk menjaga mutu dan menentukan harga jual yang kompetitif. Anda tidak disarankan untuk menentukan harga jual yang sangat tinggi, namun Anda juga tidak boleh menjual terlalu murah. Anda harus mulai berpikir dan memiliki prinsip meskipun untuk sedikit tetapi perputaran modal tetap lancar.

baca juga : cara beternak ayam petelur yang menguntungkan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memulai bisnis telur ayam.

Loading...