Tips Budidaya Kacang Panjang dalam Polybag yang Menguntungkan

By Categories : Tips Bisnis

Budidaya kacang panjang merupakan salah satu bisnis menguntungkan yang bisa dilakukan siapa saja. Untuk perawatannya pun tidak terlalu sulit. Nah bagi Anda yang tertarik dengan bisnis kacang panjang, simak saja ulasan berikut ini. Karena kali ini akan menjelaskan mengenai cara yang tepat dalam budaya tanaman kacang panjang dalam polybag.

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Selain enak sayuran ini juga kaya manfaat bagi kesehatan. Dan bahkan  jenis sayuran ini juga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan jika kita menekuninya. Umumnya menanam sayuran memerlukan lahan yang luas, namun hal ini tidak berlaku untuk kacang panjang. Dengan lahan terbatas Anda masih bisa menanam sayuran ini di rumah dengan menggunakan pot atau polybag untuk memangkas space lahan yang Anda miliki.

Jika kita ingin menghasilkan kacang panjang yang baik dan berkualitas, pastikan Anda memperhatikan media tanamnya. Perlu diketahui bahwa media tanam akan mempengaruhi hasil tanaman yang kita tanam. Sebab media tanam tersebut berfungsi untuk memberikan nutrisi, menopang tumbuh tanaman dan menyediakan tempat untuk akar tumbuh dan berkembang.

Selain itu, media tanam juga harus dapat menyimpan air dan melakukan sistem drainase dengan baik jadi dapat menjaga keseimbangan kebutuhan air tanaman serta media tanam juga harus memenuhi unsur hara yang baik untuk tanaman tersebut, baik mikro maupun makro. Lantas apa saja tips yang perlu diperhatikan saat kita akan membudidayakan kacang panjang agar berkualitas dan menguntungkan? Berikut ulasanya.budidaya-kacang-panjang

Tips Budidaya Kacang Panjang dalam Polybag yang Tepat

Pemilihan Bibit Kacang Panjang

Selain menentukan media tanam yang tepat saat menanam kacang panjang Anda juga harus memperhatikan bibit yang baik. Sebab bibit ini akan mempengaruhi kualitas dari hasil panen. Beberapa ciri bibit kacang panjang yang bagus dan unggul antara lain berkecambah di atas 90%, penampilan kacang bernas atau kusam, bibir kacang panjang tidak rusak ataupun cacat serta bibit tidak boleh mengandung hama dan penyakit.

Baca juga panduan mudah cara budidaya jamur merang di rumah

Berbeda dengan budidaya tanaman lainnya, menanam kacang panjang tidak memerlukan proses penyemaian bibit. Bibit kacang panjang yang sudah terpilih bisa langsung di tanam pada media tanam yang ada.

Persiapan Media Tanam

Langkah yang kedua adalah dengan melakukan persiapan media tanam. Pastinya Anda sudah mengetahui apa saja syarat media tanam yang baik seperti yang sudah dijelaskan di atas. Nah kali ini akan menjelaskan mengenai cara membuat media tanam untuk pot atau polybag. Langkah pertama adalah siapkan tanah subur dan gembur, setelah itu ayak tanah menjadi butiran-butiran yang halus dan pastikan tanah tidak ada yang menggumpal.

Lalu siapkan kompos yang sudah matang dan arang sekam. Setelah semuanya siap, campurkan tanah, kompos dan arang sekam menjadi satu dengan perbandingan 2 : 1: 1. Aduk rata hingga semua tercampur kemudian masukkan ke dalam polybag. Jika perbandingan tersebut tidak berhasil, Anda bisa mencoba perbandingan 1 : 1: 1.

Proses Penanaman Kacang Panjang

Tips yang perlu diperhatikan saat budidaya kacang panjang adalah proses penanamannya. Perlu diketahui bahwa waktu yang tepat untuk menanam kacang panjang adalah pada awal musim hujan. Hal ini berguna agar kacang panjang yang Anda tanam dapat suplay air dari air hujan.

Untuk satu pot atau satu polybag lebih baik diisi dua biji kacang panjang agar tumbuhnya dapat lebih baik dan tidak berdesakan. Masukkan benih kacang panjang pada suatu lubang (lubang tak perlu dalam) lalu tutup kembali dengan tanah.

Perawatan Kacang Panjang

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan kacang panjang. Agar kacang panjang yang dihasilkan berkualitas dan baik kacang panjang juga memerlukan perawatan. Jika Anda tanaman yang terkena bibit penyakit ataupun rusak segeralah gantu dengan tanaman yang baru. Lakukan hal ini ketika umur tanaman menginjak 5 hingga 7 hari.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan penyiangan tanaman. Bersihkan gulma atau tanaman penganggu yang ada di sekitar pot ataupun polybag. Sebab tanaman penganggu tersebut akan menyerap nutrisi kacang panjang, sehingga pertumbuhannya pun tidak maksimal.

Proses Panen

Jika kacang panjang sudah menunjukkan ciri-ciri siap panen seperti ukuran polongnya yang optimal (bisa dilihat dari biji polongnya yang sudah menonjol). Dan waktu panen yang baik adalah pada pagi hari sebelum matahari naik. Pada waktu ini kacang panjang masih sangat segar. caranya pun sangat mudah, yaitu potonglah pada bagian ujung pangkal kacang panjang. Satu tanaman kacang panjang bisa menghasilkan beberapa buah kacang panjang.

Baca juga peluang usaha pertanian yang menjajikan

Nah itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat ingin budidaya kacang panjang agar lebih menguntungkan. Bagaimana? Sangat mudah bukan?

Loading...