Tips Memilih Bibit Jamur Tiram yang Bagus Agar Menguntungkan

By Categories : Tips Bisnis

Bibit jamur tiram adalah salah satu bahan utama yang wajib diperhatikan jika kita tertarik budidaya jamur tiram. Sebab, bibit jamur akan menadi cikal bakal pertumbuhan jamur yang akan dibudidayakan. Jika bibit memiliki kualitas baik pastinya hasil panen tak akan mengecewakan. Namun jika bibit jamur tidak berkualitas, maka sebaliknya yang akan kita dapatkan. Maka jangan heran jika banyak para pengusaha jamur mengalami berbagai macam kendala baik dari lambannya pertumbuhan miselium dan bahkan lambatnya kemunculan pinhead.

Pastinya Anda tidak mau mengalami hal seperti ini kan? Nah kali ini akan membahas mengenai tips yang tepat dalam memilih bibit jamur agar menguntungkan.

Seperti yang kita ketahui bisnis dan budidaya jamur tiram merupakan salah satu peluang usaha yang menjajikan. Maka jangan heran jika banyak orang berbondong-bondong melakukan usaha yang satu ini. Namun bisnis atau usaha hanyalah tinggal nama jika kita tidak bersungguh-sungguh dalam melakukannya. Oleh karena itu sangat penting sekali mengetahui beberapa tips dan ilmu lainnya tentang usaha yang akan kita geluti, salah satunya yaitu ilmu mengenai bisnis jamur tiram.

Dalam hal pemilihan bibit, beberapa pengusaha seringkali terjebak dengan masalah mahal murahnya harga bibit yang akan dibeli, padahal bibit murah belum tentu jelek dan bibit mahal pun belum tentu bagus dan berkualitas. Umumnya untuk mendapatkan bibit jamur yang berkualitas terutama jamur tiram, diperlukan beberapa rangkaian proses seperti menyiapkan media biakan, pengampilan eskplan, inokulasi eksplan dan pada akhirnya menghasilkan bibir jamur yang unggul dan berkualitas.

 Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis rumahan dalam skala kecil, hal tersebut tentu saja tidak efektif. Jadi lebih baik Anda membeli bibit jamur dari suplier terpercaya. Nah agar tidak ditipu oleh penjual, ketahuilah cara memilih jamur yang bagus berikut ini agar hasil panen lebih optimal dan pastinya menguntungkan.bibit-jamur-tiram

Inilah Tips yang Tepat dalam Memilih Bibit Jamur Tiram

Hindari Pembelian dalam Jumlah Besar dan Banyak

Pada umumnya kualitas bibit jamur hanya dapat dilihat setelah dituangkan ke dalam baglog dan sampai kemudian tumbuh buah. Dan umumnya pun tak ada ciri khusus yang bisa digunakan untuk membedakan mana bibit jamur yang bagus ataupun tidak. Hal ini dikarenakan uji lapangan penting dilakukan.

Baca juga kiat dan cara sukses berbisnis jamur tiram dari nol

Oleh karena itu, bagi Anda yang pemula bisnis jamur tiram ini sangat disarankan untuk tidak membeli bibit jamur dalam jumlah besar dan banyak dan khususnya bagi Anda yang belum mengenal baik produsen bibit jamur yang Anda beli.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Tips yang kedua adalah dengan memperhatikan bibit kadaluarasnya. Perlu diketahui bahwa kualitas bibit jamur akan menurun jika sudah berumur lebih dari empat minggu sejak proses inokulasi. Bahkan jika sudan masuk atau lewat masa kadaluarsa maka bibit jamur tidak mampu berproduksi sama sekali.

Perhatikan Nilai BER (Biological Efficiency Ratio)

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan nilai BER. Apa itu BER? BER adalah persentasi perbandingan antara jumlah berat jamur. Idealnya, BER dari jamur tiram dan jamur lingzhi adalah 75%, jamur kuping sebesar 50 hingga 85%, jamur merang yaitu 30 hingga 35%, jamur shitake 35 hingga 75% sedangkan jamur champignon adalah 25 hingga 40%.

Buka Tutup Bibit

Cara memilih bibit jamur tiram yang bagus selanjutnya adalah dengan membuka tutup bibit yang telah dipenuhi dengan miselium. Hal ini merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas bibit yang Anda gunakan. Jika dalam waktu satu minggu bibit yang Anda tanam menumbuhkan jamur, maka dapat dikatakan bahwa bibit tersebut memiliki kualitas yang baik.

Akan tetapi jika satu minggu atau lebih jamur tidak berkembang, maka bibit tersebut tidak berkualitas dan sebaiknya jangan di gunakan kembali. Ciri lain jika bibit jamur yang Anda gunakan berkualitas rendah antara lain tudung jamur tipis, layu, mudah pecah dan  hasilnya tidak bisa membuka dengan baik.

Mencari Referensi Suplier Terbaik

Sebelum membeli bibit jamur, pastikan Anda sudah mencari beberapa referensi penjual bibit yang bagus. Baik dari sesama pengusaha jamur, internet ataupun forum-forum khusus. dengan mengetahui hal ini pastinya dapat menghindarkanAnda dari risiko penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini tentu saja dapat membuat usaha yang Anda lakukan lebih berkembang, menguntungkan dan terbebas dari kerugian.

Baca juga peluang usaha jamur crispy yang menjajikan

Nah itulah beberapa tips yang harus diperhatikan ketika akan memilih bibit jamur tiram ataupun bibit jamur jenis lainnya.

Loading...