Tips Menjalankan Bisnis Roti Bakar yang Menjanjikan

By Categories : Tips Bisnis

Bisnis roti bakar merupakan salah satu usaha di bidang kuliner yang sangat menjanjikan, alasannya adalah makanan ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bisnis ini juga mudah, artinya setiap orang tentu dapat menjalankannya tanpa perlu memiliki keahlian khusus. Untuk menjalankan usaha roti bakar, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menjalankan usaha dengan modal yang sedikit. Namun jika Anda memutuskan untuk membuka usaha roti bakar dengan menggunakan gerobak maka modal yang dibutuhkan sedikit lebih mahal untuk membeli peralatan memasak.

Untuk memulai menjalankan bisnis roti ini, langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah membuat rencana keuangan Anda. Perencanaan keuangan yang dimaksud adalah biaya untuk membeli gerobak atau sewa tempat yang akan Anda gunakan untuk menjual roti bakar dan membeli bahan yang dibutuhkan dalam bisnis roti bakar.

Tips Mudah Bisnis Roti Bakar

roti

Setelah semua perencanaan keuangan Anda terhitung, langkah selanjutnya adalah mencari tempat atau lokasi yang sesuai. Anda sebaiknya mengetahui lokasi yang ingin dijadikan usaha menjual roti bakar merupakan tempat yang ramai atau sepi, karean dalam menjalankan bisnis ini dibutuhkan tempat yang strategis. Sebagai contoh Anda dapat membuka usaha roti bakar di sekitar kampus, sekolah, alun-alun atau tempat yang dikunjungi banyak orang lainnya. Jika Anda sudah menentukan lokasi yang sesuai, langkah selanjutnya adalah membuat lokasi tersebut semenarik mungkin untuk menarik pengunjung. Kebersihan tempat merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Setelah tempat sudah siap, selanjutnya adalah Anda membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuka usaha roti bakar. Bahan-bahan tersebut adalah roti tawar, margarin atau mentega, toping untuk roti seperti selai nanas, selai stroberi, selai kacang, keju, coklat, dan aneka rasa lainnya. Kemudian langkah selanjutnya adalah Anda membeli peralatan memasak. Dalam bisnis ini alat yang dibutuhkan adalah kompor, pemanggang, garpu, pisau, dan sebagainya.

Bisnis roti bakar akan cepat berkembang jika Anda pandai menentukan harga jual. Untuk pemula menentukan harga roti bakar disarankan untuk tidak terlalu mahal. Anda cukup mengambil keuntungan sedikit saja dari modal yang Anda keluarkan. Dengan cara itu calon konsumen akan lebih tertarik untuk membeli roti bakar Anda dibanding membelinya di tempat lain. Target konsumen yang lebih tertarik membeli makanan ini adalah kalangan remaja atau para pelajar. Ini karena roti bakar merupakan makanan yang cukup mengenyangkan dengan rasa yang lezat serta harga yang terjangkau.

Tips yang dapat Anda perhatikan selanjutnya adalah Anda harus pandai untuk membuat menu yang unik. Menu baru sangat dibutuhkan agar para pelanggan tidak merasa bosan. Sebagai contoh Anda dapat membuat menu dengan menambahkan toping es krim di atas roti bakar, atau Anda dapat mencampur berbagai macam rasa sehingga menghasilkan varian rasa yang menarik bagi pembeli. Di sini Anda akan diuji kreativitas Anda dalam mengolah makanan sehingga menghasilkan rasa yang unik dan lezat.

Selain rasa, dalam bisnis roti bakar juga harus memiliki varian bentuk. Ini berguna agar pembeli dapat memilih berbagai ukuran seperti roti bakar mini, roti bakar dengan ukuran sedang hingga roti bakar porsi besar. Ukuran-ukuran tersebut nantinya dipilih pembeli sesuai dengan porsi yang diinginkan. Misalnya roti bakar mini tentu lebih disukai oleh anak-anak, kemudian roti bakar ukuran besar dapat dinikmati untuk beberapa orang.

Jika bisnis yang Anda jalankan sudah berhasil dan mendapatkan keuntungan dari modal awal yang Anda keluarkan, maka Anda dapat menaikan harga roti bakar tersebut. Namun perlu diperhatikan untuk tingkat kenaikan jangan terlalu jauh dari harga sebelumnya. Anda juga dapat meningkatkan penjualan dengan menambah bahan-bahan utama seperti roti dan aneka toping. Tips selanjutnya dalam bisnis roti bakar adalah bersikap ramah terhadap pembeli. Dengan sikap tersebut tentu mereka akan merasa senang dan akan kembali lagi karena palayanannya ramah.

Jika usaha Anda sudah maju pesat maka Anda disarankan untuk merekrut karyawan untuk membantu Anda dalam menjalankan usaha roti bakar. Ini karena semakin banyak konsumen yang datang maka Anda dituntut harus bekerja lebih cepat. Dengan adanya karyawan yang membantu tentu usaha yang Anda jalankan akan lebih mudah. Apabila usaha Anda terus berkembang maka Anda harus mulai memikirkan tempat. Tidak ada salahnya Anda mencari tempat yang lebih besar dan nyaman sehingga membuat konsumen merasa puas. Selain itu, untuk memuaskan pelanggan Anda juga dapat memberikan promo atau diskon menu roti bakar.

baca juga : peluang usaha franchise makanan ringan

Itulah beberapa tips menjalankan bisnis roti bakar yang perlu Anda ketahui. Agar usaha ini terus berkembang maka Anda harus mempertahankan cita rasa serta kualitas terbaik.

Loading...