Tips Sukses Ternak Ikan Gurame

By Categories : Tips Bisnis

Ternak ikan gurame akhir-akhir ini menjadi primadona bagi para pengusaha kecil dan menengah. Hal ini dikarenakan budidaya ikan gurame yang cukup mudah dan mampu menghasilkan keuntungan yang banyak. Ikan gurame disukai hampir di semua lapisan masyarakat karena kaya akan protein dan mineral yang tinggi. Rasa dari ikan ini juga sangat gurih dengan dagingnya yang empuk sehingga tidak heran jika ikan gurame menjadi menu favorit di banyak rumah makan Indonesia.

Bisnis ikan gurame memiliki prospek yang bagus. Harga dari ikan gurame terbilang lebih mahal dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya sehingga relatif lebih menguntungkan. Selain itu faktor pendukung juga cukup memadai, seperti ketersediaan lahan yang masih luas, informasi budidaya ikan gurame yang mudah didapat, serta pakan yang tersedia sepanjang waktu.

Permintaan pasar yang terus meningkat membuat para pengusaha lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis ini. Cara budidaya ikan gurame sebenaranya dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui media tanah dan kolam terpal. Bagi Anda yang ingin memelihara ikan gurame baik untuk dikonsumsi secara pribadi ataupun untuk memasok kebutuhan pasar sebaiknya Anda belajar cara ternak ikan gurame terlebih dahulu.

Belajar ternak atau budidaya ikan gurame dapat Anda dapatkan dari para peternak ikan gurame langsung di sekitar Anda. Namun jika di sekitar tempat tinggal Anda tidak ada peternak ikan maka berikut ini beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam budidaya ikan gurame.

Tahapan Ternak Ikan Gurame

ternak ikan gurame

ikan gurame siap panen

Menentukan Bibit

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih benih ikan gurame. Hal ini penting karena benih ikan gurame unggulan akan mempengaruhi pertumbuhan serta hasil panen yang baik. Jika Anda merupakan orang yang pertama kali terjun dalam usaha ternak ikan maka Anda harus mencari benih ikan gurami di sentra budidaya ikan yang menjual benih ikan gurame unggulan. Harga setiap bibit akan berbeda tergantung dari usia benih, varietas, bobot, dan kualitas dari benih tersebut.

Persiapan Kolam

Tips ternak ikan gurame yang kedua adalah melakukan persiapan kolam. Setelah benih unggulan Anda dapatkan maka kolam ikan harus Anda persiapkan sebagai media pembesaran bibit ikan gurame. Cara ini dapat Anda lakukan dengan membuat kolam di tanah ataupun dengan menggunakan media terpal untuk membuat kolam. Kedua media kolam tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Untuk kolam tanah biasanya akan tumbuh plangton-plangton alami yang dapat digunakan sebagai bahan makanan alami bagi benih ikan gurame. Cara membuat kolam tanah adalah dengan menggali tanah sedalam 1 meter kemudian diamkan selama 1 minggu. Isilah kolam dengan air dan diamkan selama 1 minggu lagi agar plangton dapat berkembang biak.

Sedangkan untuk media menggunakan terpal akan lebih efisien karena bahan utamanya hanyalah terpal. Cara ini memudahkan Anda untuk mengganti air serta membersihkan kolam tersebut.Air kolam yang sudah tercampur kotoran ikan juga harus rutin diganti.

Cara Penebaran Benih

Tahap selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah proses penebaran benih ke dalam kolam. Caranya adalah benih ikan gurame tersebut perlu dilakukan adaptasi agar tidak stres yang berdampak terhadap kematian ikan. Anda dapat memasukan benih ikan yang masih dalam plastik yang tertutup rapat ke dalam kolam. Biarkan beberapa saat hingga berembun yang menandakan suhu dalam air dalam plastik sudah sama dengan air dalam kolam. Setelah itu Anda baru dapat membuka plastik dan biarkan ikan keluar dengan sendirinya.

Pemberian Pakan

Tips ternak ikan gurame selanjutnya adalah dalam pemberian pakan. Ketika masih bibit makanan yang dapat diberikan berupa makanan hewani seperti kutu air cacing sutra dan makanan sejenis mikroba. Setelah menjadi dewasa ikan gurame dapat memakan tumbuhan atau Anda dapat memberikan pellet yang dapat Anda beli di toko ikan. Untuk tumbuhan yang dapat digunakan adalah daun talas, daun pepaya, daun kangkung, dan daun singkong.

Pemeliharaan Kolam

Cara budidaya ikan gurame yang baik tidak lepas dari kebersihan kolam. Air kolam yang tidak bersih akibat kotoran ikan gurame tentu tidak baik untuk kesehatan ikan. Untuk itu Anda harus melakukan pergantian air secara rutin 1 minggu sekali. Caranya sedot kolam kurang lebih 50% dari debit air kolam kemudian campurkan dengan air bersih hingga ketinggian semula.

Masa Panen

Tahap terakhir yang harus Anda perhatikan adalah masa pemanenan. Umumnya ikan ikan gurame dapat dipanen sekitar 4-6 minggu sejak benih dimasukan ke dalam kolam. Namun ini juga tergantung dari kebutuhan pasar. Jika banyak yang lebih menyukai ikan gurame yang tidak terlalu besar maka Anda dapat memanennya pada usia 4 bulan.

baca juga : rahasia sukses budidaya ikan gabus

Demikianlah informasi mengenai tips suksesĀ ternak ikan gurame yang perlu Anda ketahui.

Loading...