Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Memiliki usaha sampingan bagi karyawan merupakan sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan tempatnya bekerja. Sayangnya banyak karyawan yang tidak dapat memulai usaha sampingan dengan alasan modal. Mereka beranggapan jika membuka usaha sampingan membutuhkan modal yang cukup besar. Tak heran jika sebagian dari mereka mencoba meminjam uang ke bank untuk modal usaha. Namun risikonya jika usaha tersebut tidak berjalan dengan baik maka akan membebani usahanya.

Jasa laundry

Untuk itu mulailah menjalani usaha dengan modal yang kecil. Meskipun penghasilan juga relatif kecil namun dari situ Anda akan mendapatkan banyak pengalaman untuk membesarkan usaha Anda. Berikut usaha sampingan modal kecil yang bisa Anda coba.

Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil

  1. Jasa laundry

Saat ini banyak orang yang menginginkan segalanya serba praktis, salah satunya adalah urusan pakaian. Mereka yang memiliki kesibukan sehari-hari tentu tidak ada waktu untuk mencuci ataupun menyetrika pakaian. Hal ini dapat menjadi peluang usaha untuk membuka bisnis laundry. Selain itu, ini juga dapat menjadi usaha sampingan di rumah untuk para ibu-ibu.

Agar lebih menguntungkan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah pangsa pasar. Sebaiknya buka usaha laundry yang dekat dengan tempat kost mahasiswa atau karyawan. Karena mereka merupakan pangsa terbesar usaha ini.

  1. Menjual pulsa elektrik

Menjual pulsa juga merupakan usaha sampingan modal kecil yang menguntungkan. Meningkatnya pengguna telepon seluler membuat bisnis pulsa elektrik menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Jika Anda ingin membuka usaha pulsa, mulailah dengan menjual pulsa elektrik sebagai tahap awal. Bisnis pulsa elektrik cukup mudah dijalankan karena Anda hanya bermodalkan ponsel dan tidak perlu tempat berjualan.  Cara pemasarannya bisa melalui media sosial untuk teman-teman terdekat atau tetangga. Jika pelayanan Anda memuaskan dan lebih terjangkau maka Anda akan mudah endapatkan pelanggan.

  1. Menjual makanan untuk sarapan

Usaha sampingan modal kecil selanjutnya adalah menjual makanan untuk sarapan. Ini merupakan ide bisnis yang menjanjikan karena banyak karyawan yang malas atau kerepeton jika menyediakan sarapan sendiri. Anda dapat menjualnya di teras rumah dengan berbeagai makanan seperti bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, dan gorengan. Jika sudah memiliki pelanggan Anda dapat membuka layanan delivery order dengan harga yang tentunya berbeda.

  1. Membuat toko online

Saat ini toko online sedang populer karena semakin berkembangnya teknologi yang membuat orang bergeser untuk berbelanja secara online. Anda dapat menjual barang apa saja atau bahkan Anda dapat menjual barang orang lain. Untuk toko online umumnya yang sering dijual adalah pakaian, obat herbal, tas, kerajinan tangan, dan barang elektronik.  Anda dapat memilih salah satu produk yang Anda jual yang disesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

  1. Jasa cuci motor

Usaha cuci motor juga dapat menjadi usaha sampingan modal kecil yang bisa Anda lakukan dilingkungan tempat tinggal Anda. Modal awal juga cukup murah dibandingkan usaha cuci mobil.

Loading...