Bosan Menjadi Karyawan, Inilah Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan

By Categories : Bisnis Modal Kecil

Bosan Menjadi Karyawan, Inilah Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan – Profesi menjadi seorang karyawan mudah-mudah susah. Dalam arti banyak kemudahan dalam menjadi profesi sebagai karyawan. Tidak seperti menjadi pengusaha. Seorang karyawan tidak perlu memikirkan untung dan rugi perusahaan. Dalam keadaan untung atau rugi dari perusahaan tempat ia bekerja, maka seorang karyawan tetap mendapatkan gaji bulanan.
Bosan Menjadi Karyawan, Inilah Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan
Seorang karyawan juga sangat menyenangkan. Karena ia bekerja sesuai bidang pekerjaannya. Misalkan ia ditugaskan sebagai karyawan bagian administrasi. Maka tugasnya di depan komputer mengurus proses administrasi kantor. Apabila ia ditempatkan sebagai karyawan cleaning service maka tugasnya hanya membersihkan kantor dan peralatan yang ada. Hal ini membuat ia fokus dan mudah dalam bekerja. Tanpa harus mengerjakan bagian lainnya yang dikerjakan oleh karyawan lainnya.

Bosan Menjadi Karyawan, Inilah Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan

Hal ini berbeda jika anda memutuskan menjadi seorang pengusaha. Seorang pengusaha harus memikirkan untung rugi perusahaan, prospek perusahaan, cara meningkatkan laba dan penjualan, cara merekrut karyawan berpengalaman, cara memasarkan barang yang dijualnya, cara memenangkan persaingan usaha dan lain sebagainya.

Profesi seorang karyawan memiliki gaji yang pas-pasan. Sedangkan profesi sebagai pengusaha mempunyai penghasilan tak terbatas sesuai dengan kerja keras yang ia lakukan. Namun gaji seorang karyawan dapat bertambah jika jabatan dan karirnya naik. Namun hal itu jarang sekali terjadi. Dan kalaupun terjadi kenaikan gaji tidaklah terlalu besar. Seorang karyawan masih memiliki gaji yang terbatas. Atas hal itulah yang membuat sebagian pegawai bermental buruk melakukan tindakan korupsi.

Pendek kata, ada untung rugi menjadi karyawan. Begitu pula untung rugi menjadi pengusaha. Salah satu kerugian menjadi karyawan adalah pekerjaan rutinitas yang dikerjakan itu itu saja. Yang dapat menyebabkan ia bosan. Sehingga ada istilah sudah bosan menjadi karyawan. Jika anda mengalami hal demikian ada bebrapa cara yang bisa dilakukan agar tak bosan jadi karyawan.

Penulis sudah berpuluh-puluh tahun berprofesi sebagai karyawan. Dan mengandalkan pemasukan uang dari bekerja kepada orang lain. Berbagai bidang pekerjaan dan karier telah saya lakoni. Dari karir terendah sebagai office boy sampai kepala. Dan tak ada yang menyenagkan berprofesi sebagai karyawan. Kita tidak bisa bebas. Segala perbuatan kita dikontrol dan diatur oleh atasan.

Hal ini berbanding terbalik setelah penulis banting stir menjadi pengusaha. Hidup terasa indah. Bebas tidur. Bebas bekerja tanpa mengenal jam masuk kerja dan jam pulang. Yang penting memikirkan bagaimana perusahaan berjalan maju dan meningkat keuntungan yang diperoleh perhari. Kita adalah bos atas diri kita dan diri orang lain. Sangat menyenangkan bukan?

Namun bagi karyawan yang memiliki gaji terbatas tersebut bisa menambah pemasukan bagi gaji mereka dengan cara membuka usaha sampingan. Misalnya usaha warung sembako, usaha jasa tulis artikel, usaha beternak lele dumbo, usaha jasa penyewaan mobil dan motor dan lain sebagainya. Akan tetapi karena masih status karyawan maka waktu yang tersedia untuk berbisnis cukup sedikit. Sehingga anda harus pandai membagi waktu antara bekerja di kantor dan mengurusi bisnis anda sendiri.

Baca selengkapnya :

Jenis Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kecil

Lalu bisnis apakah yang cocok dan tepat bagi seorang karyawan? Berdasarkan pengalaman penulis bahwa bisnis yang cocok bagi seorang karyawan adalah bisnis yang tak menyita banyak waktu. Seperti bisnis online, usaha produksi dan jualan es krim secara konsinyasi, usaha jasa menulis artikel, usaha cuci motor dan lain sebagainya. Pokoknya jenis usaha yang bisa dikerjakan sebelum berangkat kerja ke kantor dan jenis usaha yang bisa dilakukan selepas pulang dari kantor.

Pendek kata jika anda Bosan Menjadi Karyawan, Inilah Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berubah haluan menjadi pengusaha sukses dan kaya.

Loading...