Jenis Usaha Yang Cocok Di Momen Pesta Pernikahan

By Categories : Peluang Usaha

Jenis Usaha Yang Cocok Di Momen Pesta Pernikahan – Menikah adalah salah satu tuntunan sunah Rasulullah SAW. Orang yang menikah akan lebih dihargai daripada orang yang belum menikah. Nabi SAW bersabda bahwa orang muslim yang telah menikah berarti ia telah melaksanakan separuh agama. Sehingga pernikahan adalah peristiwa yang sering kita saksikan di desa maupun kota.
Jenis Usaha Yang Cocok Di Momen Pesta Pernikahan
Dalam sebuah pernikahan seringkali diadakan pesta pernikahan dan resepsi pernikahan. Selain itu tak kalah menarik adanya upacara pesta pernikahan seperti memecahkan telor, gentong, menabur beras, dan menabur permen beserta pecahan uang koin. Dari pesta pernikahan sebenarnya telah timbul berbagai jenis bisnis seperti usaha penyewaan sound system, usaha sewa tenda pengantin, usaha organ tunggal, bisnis penyewaan peralatan dan perlengkapan pesta pernikahan, usaha tata rias pengantin, usaha sewa kursi pengantin dll.

Jenis Usaha Yang Cocok Di Momen Pesta Pernikahan

Namun penulis akan mengupas bisnis yang timbul dari adanya pesta pernikahan atau bisnis yang ada di sekitar pesta pernikahan. Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan terutama di wilayah desa, usaha yang ada pada momen pesta pernikahan antara lain :

Usaha Jualan Mainan Anak

Pada waktu pesta pernikahan akan banyak orang yang diundang ke dalamnya. Mereka ada yang membawa anak dan isteri. Dan anak-anak sangat suka mainan. Ketika mereka melihat ada mainan yang disukainya dipajang di gerai usaha mainan anak secara kaki lima atau lapak maka mereka merengek minta dibelikan mainan tersebut. Hal ini dialami oleh penulis yang mempunyai anak kecil laki-laki. Ketika ada pesta pernikahan di desa pasti anak penulis membeli berbagai mainan unik seperti pesawat terbang, mobil, motor dan mainan lainnya.

Adapun harga mainan yang ditawarkan sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu. Anda harus menawar harga untuk mendapatkan harga yang bersaing. Jika anda berada di daerah perkampungan terpencil maka sangat tepat untuk mencoba membuka usaha mainan anak-anak. Karena potensi keuntungan sangat besar. Seperti yang dilakukan oleh kerabat penulis yang jualan mainan anak saat ada pesta pernikahan di desa. Usaha mainan anak-anaknya selalu laris manis dibeli pembeli.

Namun dalam memulai usaha mainan anak-anak tidaklah mudah. Tingkat persaingan dalam bisnis mainan anak sangat besar. Hal ini terlihat di berbagai sudut kota dan tempat banyak ditemukan gerai usaha yang menjual mainan anak-anak baik skala eceran maupun grosir. Begitupula ketika anda membuka usaha mainan anak-anak pada saat berlangsung pesta pernikahan maka akan ditemukan banyak kompetitor yang berada di samping anda. Namun semua kembali kepada jatah rejeki masing-masing yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

Baca juga :

Bisnis Mainan Anak : Tips – Tips Memulai Usaha

Usaha Berjualan Bakso

Jenis usaha lainnya yang sering penulis temukan ketika terjadinya pesta pernikahan di desa adalah adanya usaha jualan bakso baik menggunakan gerobak maupun sepeda motor. Hal ini berbeda sekali situasinya dengan di kota. Jika di kota pada saat ada pesta perkawinan yang ada hanyalah usaha jualan mainan anak-anak seperti balon harga Rp 10 ribu dan mainan anak lainnya. Tapi di desa ada jenis usaha bakso dan ternyata laris manis dibeli para pembeli.

Bisnis berjualan bakso laris manis saat pesta pernikahan tak terlepas dari banyak orang di sekitar kampung yang ingin menyaksikan pentas hiburan seperti pentas menyanyi. Mereka berjalan kaki secara perorangan maupun kelompok. Ketika mereka menemukan gerai usaha bakso tak terasa perut lapar kemudian membeli bakso. Banyak kejadian usaha bakso ludes dalam waktu beberapa jam pada saat momen pesta perkawinan.

Itulah Jenis Usaha Yang Cocok Di Momen Pesta Pernikahan menurut pengamatan penulis. Silahkan anda tambahkan sendiri jika anda berlainan pendapat.

 

Loading...