Rincian Biaya Modal Usaha Cuci Motor Hingga Buka

By Categories : Peluang Usaha

Penulis tertarik untuk membuka usaha pencucian motor. Karena usaha ini cenderung mudah dijalankan dengan biaya kecil. Prospek usaha cuci motor saat ini sangat cerah. Mengingat jumlah pemilik kendaraan sepeda motor sangat besar di Indonesia. Dalam satu rumah biasanya ada satu sepeda motor yang dimiliki bahkan lebih. Hal inilah yang membuat bisnis steam motor sangat menjanjikan untuk dijalankan.
Rincian Biaya Modal Usaha Cuci Motor Hingga Buka
Tingkat persaingan usaha pencucian motor di Indonesia sangat tinggi. Misalkan di daerah penulis ada lima gerai usaha pencucian motor yang hampir semua laris manis. Namun ada satu tempat cuci motor yang sepi pelanggan dan gulung tikar. Berdasarkan pengamatan penulis disebabkan lokasi usaha yang kurang luas sehingga membuat tidak nyaman para konsumen. Mereka hanya mencuci motor satu kali. Tingkat kepuasan pelanggan sangat rendah.

Rincian Biaya Modal Usaha Cuci Motor Hingga Buka

Berikut ini rincian modal usaha pencucian motor dariawal sampai siap berdiri,  antara lain :

Lokasi Usaha

Pilihlah lokasi usaha steam motor yang berada di tempat strategis yang banyak dilalui sepeda motor dan mudah dijangkau dan dilihat orang. Jika rumah anda berada di tempat strategis maka anda bisa buka usaha cuci sepeda motor di halaman rumah

Peralatan dan Perlengkapan Cuci Motor

Untuk peralatan cuci motor meliputi selang, sabun, lap, pembersih, detergent, sikat pembersih, air dan lain sebagainya. Biaya modal yang diperlukan sekitar Rp 500 ribu.

Alat Steam dan Kompresor

Inilah modal usaha yang penting dari bisnis pencucian motor yaitu kompresor dan alat steam. Sehingga pencucian motor benar-benar bersih. Namun harga kompresor sangat mahal sekitar Rp 500 ribu. Akan tetapi anda bisa membuat alat cuci motor secara sederhana. Untuk lebih lengkap bisa searching di google cara buat alat cuci motor sederhana.

Keuntungan usaha pencucian motor sangat menjanjikan. Apabila dalam satu hari ada sepuluh sepeda motor yang dicuci maka penghasilan yang diperoleh sebesar Rp 100 ribu jika harga cuci motor Rp 10.000. Jika membanderol harga Rp 5000 maka keuntungan bersih sekitar Rp 50 ribu. Keuntungan usaha cuci motor semakin tinggi seiring banyak orang yang menggunakan jasa ini di daerah anda.

Jadi modal awal untuk membuka usaha cuci motor sederhana sebesar Rp 1 juta.

Tips Sukses Usaha Cuci Motor

Jika anda berminat membuka usaha cuci motor yang laris manis dan menguntungkan maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

Harga Cuci Motor

Anda hendaknya mematok harga cuci motor sesuai harga di pasaran. Jangan lebih mahal. Kalau bisa anda memberikan harga pencucian motor sampai bersih dengan lebih rendah dari pesaing. Hal ini akan membuat bisnis pencucian motor sobat laku keras tanpa mengeyampingkan kualitas kebersihan dan pelayanan

Pesaing

Perhatikan juga pesaing di sekitar daerah anda. Jika ada kompetitor berarti anda harus memenangkan persaingan. Tapi jika belum ada pesaing di lingkungan sekitar berarti prospek usaha pencucian motor steam sangat menjanjikan untung besar jika dijalankan saat ini. Usaha ini akan mengalami masa panen atau laris manis ketika musim hujan dan menjelang hari raya lebaran

Keuntungan Berlipat

Untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis cuci motor maka anda tidak bisa mengandalkan pemasukan dari usaha pencucian motor. Usaha ini bisa dikombinasikan dengan jenis usaha lain seperti bengkel sepeda motor resmi atau non resmi, usaha pom bensin pertamini, usaha warung makan dan cafe, dan jenis usaha lainnya yang masih berhubungan.

Baca pula :

Strategi Sukses Usaha Cuci Motor Untuk Pemula

 

Loading...